16
Jul
10

Pengenalan Komputer Dasar

Pengenalan Dasar Komputer

Kata komputer berasal dari latin yaitu computare yang mengandung arti menghitung, tetapi ada juga yang beranggapan bahwa kata komputer berasal dari bahasa Inggris yaitu to compute yang artinya menghitung. Pengertian komputer saat ini tidak hanya alat yang digunakan untuk menghitung tetapi juga sebagai alat yang mengolah data untuk menghasilkan sebuah informasi.

Komputer pada awalnya ditemukan oleh Charles Babage, banyak diidentikan orang sebagai symbol dari kemajuan teknologi. Pada kenyataannya, saat ini hampirb semua peralatan melibatkan computer. Misalnya televisi, mobile phone, PDA, kendaraan (motor, mobil, dan sepeda), dalam produksi hingga distribusinya memanfaatkan komputer.

Komputer adalah serangkaian sirkuit elektronik yang saling bekerja sama, serta membentuk system kerja yang rapid an teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasarkan urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

Secara umum, system computer dibagi menjadi tiga bagian, yaitu;

  1. Perangkat keras (hardware).
  2. Perangkat lunak (software).
  3. Pengguna computer (brainware).

Ketiga usnsur system computer tersebut saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak berfungsi dengan baika apabila tanpa software, demikian juga, kedua perangkat ini tidak berfungsi dengan baik apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikan komputer.

  1. Hardware

Hardware atau perangkat keras, merupakan salah satu elemen dari system komputer. Alat ini dapat dilihat dan diraba oleh manusi secara langsung, peralatan ini umunya cukup canggih. Alat ini berfungsi sesuai dengan perintah atau biasa disebut instruction set. Berdasarkan fungsinya, perangkat keras dibagi menjadi empat yaitu;

  1. Input device (unit masukan)
  2. Process device (unit pemrosesan)
  3. Output device (unit keluaran)
  4. Storage device (unit penyimpanan).
  5. Input device

Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukan data dari luar ke dalam memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukan kedalam system komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukan kedalam system komouter, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukan. Jadi input device, selain digunakan untuk memasukan data, dapat pula digunakan untuk memasukan program. Input device biasanya berupa PC (personal computer). Adapun komponen yang termasuk  kedalam input device antara lain; keyboard,  Mouse, Touchpad, Joy bstick, scanner, dan barcode reader.

  1. Process device

Alat pemrosesan dalam komputer adalah CPU, yang merupakan singkatan dari Central Processing Unit. Merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lainnya adalah processor (pengolah data), Yang sering disebut juga CPU. Adapun mikroprosessor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkalidalam sebuah paket sirkuit terpadu tunggal. Sejak pertengahan tahun 1970an. Mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU. Komponen CPU terbagi menjadi beberapa macam, yaitu:

  1. Unit kontrol yang mampu mengatur jalannya program
  2. Register digunakan untuk menyimpan data atau perintah ketika sedang diproses.
  3. ALU unit yang berfungsi untuk melakukan operasi aritmatika dan operasi logika berdasarkan logika berdasarkan instruksi yang ditentukan.

Alat-alat yang ada dalam sebuah CPU pada umumnya adalah sebagai berikut; mother board, prosesor, RAM, Hardisk, VGA, Power supply, dan sound card.

  1. Output device

Ourput device adalah peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU ke dalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia atupun digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Beberapa piranti yang termasuk output device antara lain monitor, printer, dan speaker.

  1. Storage device

Storage device merupakan tempat untuk menyimpan sejumlah data input dengan media simpan elektronik atau dalam bahasa komputernya disebut drive.  Drive ini berfungsi untuk memberikan alamat pada  drive tersebut. Alamat drive terdiri atas satu karakter yang selalu diikuti tanda “:”

Contohnya:

Alamat Drive A : berfungsi untuk menyimpan data ke dalam disket.
Alamat Drive C : berfungsi untuk menyimpan data program atau programsistem ke dalam harddisk.
Alamat Drive D : sama dengan harddisk.
Alamat Drive E : berfungsi untuk CD drive/CD ROM.
Alamat Drive F : Berfungsi untuk eksternal hardware, seperti flash disk USB.

Sementra itu piranti yang termasuk dalam storage device antara lain Harddisk, disket, zip drive, memory card, flashdisk, dan CD.

  1. Software

Secara harfiah software berarti piranti lunak, perngkat lunak, atau program komputer. Software merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Software merupaka catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah maupun dokumen serta arsip lainnya.

Software juga merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri data yang disimpan itu dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupu catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Pengolahan data pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah system operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.

Pada dasarnya fungsi software sebagai berikut:

  1. Mengidentifikasi program.
  2. Menyimpan aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan computer terkontrol.
  3. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.

Software yang sering kita pakai dalam keseharian terbagi menjadi du jenis, yaitu software sistem operasi dan software aplikasi. System operasi merupakan software yang digunakan untuk mengopersikan computer, sedangkan software aplikasi merupakan software atau program yang dioperasikan di dalam sebuah lingkungan system opersi untuk keperluan-keperluan tertentu, sperti pemrograman, office word, maupun permainan. Dengan demikian, secara umum software terbagi menjadi berikut:

  1. Sistem operasi.
  2. Alat Bantu.
  3. Bahasa pemrograman
  4. Routines.
  5. Application package.

0 Responses to “Pengenalan Komputer Dasar”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: